Jenis-Jenis Ikan Louhan alias Flowerhorn

Ikan Louhan atau Flowerhorn ini merupakan spesies hibrid. Artinya bahwa ikan hias ini bukan asli dari alam tetapi  merupakan hasil perkawinan silang oleh manusia dari beberapa jenis cichlid/siklid Amerika.

Oleh karena itu terdapat banyak sekali jenis-jenis Louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. Tetapi secara garis besar jenis-jenis louhan ini dapat di bagi ke dalam beberapa kategori besar yaitu Chencu / Zhen Zhu(ZZ), Kamfa alias Cinghwa , Golden Base / Fader, Golden Monkey / Kamalau

 Ikan Louhan
Jenong atau nonong merupakan salah satu sebab kenapa ikan ini digemari oleh banyak orang. Pada generasi awal louhan ini memiliki jenong yang tidak terlalu besar dan orang menyebutnya dengan  jenis jenong ini dengan istilah "bone head".

Tetapi sekarang hampir semua louhan memiliki jenis jenong yang besar atau istilahnya "water head". Hanya ikan jantan yang memiliki jenong walaupun ada juga sebagian kecil betina yang memilikinya.  Pada awalnya louhan ini pertama dikembangkan di Malaysia, Thailand, dan Taiwan.



Umur louhan diperkirakan antara 8-12 tahun. Tetapi kebanyakan hanya mencapai 8 tahun bahkan kurang dari setengahnya. Pemberian makanan yang sehat akan sangat menentukan umur ikan ini.  Warna louhan ini akan berubah seiring pertambahan usianya jadi kita baru akan mengetahui warna sebenarnya dari louhan ketika ia telah dewasa. Pemberian makanan yang mengandung hormon sangat tidak disarankan.

Ikan louhan  ini sebaiknya tidak diberi makan daging mamalia seperti jantung sapi atau ayam karena beberapa lipid dan senyawa organik lainnya yang terkandung dalam daging tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan, yang akan  menyebabkan penumpukan lemak berlebih dan bahkan penurunan fungsi (degenerasi) organ tubuh ikan jika pemberian makanan diberikan dalam jangka panjang.

Untuk "menghasilkan" ikan louhan yang sesuai dengan keinginan diperlukan proses panjang dan melelahkan. Bahkan kadang kadang diperlukan beberapa generasi untuk mencapainya.(F1,F2 dll). Belum lagi hasil perkawinan dari ikan louhan ini menghasikan sebagian ikan ( terutama jantan) yang steril / mandul sehingga tidak dapat dikembangbiakan lagi.

Dari ratusan anak ikan louhan ini akan disortir dan hanya beberapa saja yang akan di pilih sebagai calon indukan. Beberapa diantara hasil perkawinan itu bahkan mengalami cacat karena dilakukan inbreed (perkawinan sedarah) untuk "menciptakan" anakan louhan yang "seragam" yang memiliki trait atau sifat-sifat yang diinginkan. Sisanya "dibuang" karena tidak sesuai dengan yang diinginkan. Butuh waktu kurang lebih 8 bulan bahkan 1,5 tahun untuk menunggu louhan anakan terutama jantan agar siap untuk dikawinkan kembali.

Misal saja untuk menghasilkan ikan berwarna merah dengan mutiara penuh di perlukan indukan yang akan menurunkan gen mutiara dan indukan yang akan menurunkan warna merah. Dari proses perkawinan itu hanya beberapa ekor saja yang akan memenuhi kriteria itu. Kebanyakan anakan hanya akan mewarisi mutiara atau warna dari indukannya.  Butuh beberapa generasi louhan agar ikan ini dapat sesuai dengan keinginan breeder. Oleh karena itulah mengapa harga ikan ini bisa mencapai harga yang sangat mahal.

Diagram Perkembangan Jenis Jenis Louhan
Sumber gambar 



Dari diagram di atas dapat dilihat bahwa awal mula berbagai jenis ikan louhan ini  :
  1. Zhen Zhu (ZZ) /Chencu 
  2. Kamfa / Chingwa
  3. Faders / Golden Base(GB) / Jin Kang

1. Chencu / Zhen Zhu / ZZ

Louhan cencu ini kabarnya berasal dari perkawinan dari Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatum)
Louhan Chencu / ZZ

Trimac Cichlid

Ciri ciri jenis louhan Cenchu / Zen Zhou secara umum ini ialah :
  • Mata menonjol keluar dengan warna mata merah atau kuning
Mata Cenchu menonjol keluar
  • memiliki sirip dan ekor yang "lunak" atau lemas
  • Ada jarak yang lebar antara sirip dan ekor

Bentuk ekor Louhan Cencu
  • bodi oval seperti telur
  • ada marking di kepalanya, walaupun sekarang ada juga jenis kamfa memiliki marking dikepala
  • mulutnya lebih "monyong" di banding jenis Kamfa dan mulut bawah lebih panjang dari mulut atas
Mulut louhan Cenchu



Dari jenis Chencu ini di kawin silangkan lagi menjadi banyak jenis /strain baru dalam diantaranya SRD (Super Red Dragon), Blue Dragon Louhan, Red Magma/ Super Red Magma (SRM) dan banyak lagi


2. Kamfa /Cinghwa

Jenis Kamfa ini muncul sekitar tahun 200-2001. Kamfa ini merupakan hasil persilangan dengan spesies dari genus Vieja. Persilangan ini menghasilkan louhan dengan sifat baru , seperti mulut pendek , mata cekung , dan jenong yang lebih besar.

Kamfa 
Salah satu spesies dari genus Vieja
Ciri ciri louhan kamfa atau Chingwa lainnya antara lain,
  • Warna mata putih atau kuning ( walaupun jarang, ada juga beberapa yang berwarna merah ) ;
  • Badan berbentuk "kotak"
Badan lohan kamfa "ngotak"
  • Matanya menjorok kedalam;
Mata jenis kamfa menjorok ke dalam
  • Memiliki sirip dan ekor yang kaku atau keras;
  • Bentuk ekor seperti kipas ; merapat dengan sirip ;
 Ekor kamfa seperti kipas

  • Tidak ada marking di kepala (tidak mutlak )
  • Bibirnya lebih "kecil" bila di banding jenis Chencu, tertutup, mulut atas dan bawah rata
  • Memiliki bentuk tubuh lebih kotak di banding Chencu.

Jenis Kamfa louhan ini lebih susah dikembangbiakan karena ikan jantan dari Kamfa lebih lama untuk mencapai kematangan seksual yaitu sekitar 1,5-2 tahun dan diketahui beberapa memiliki masalah kesuburan terutama untuk jantannya. Walaupun belum dapat di pastikan namun dari  banyak kasus jantan dengan mata merah atau kuning memiliki kemungkinan lebih besar untuk fertile atau subur dibandingkan dengan mata putih.
Red Kamfa
Jenis King Kamfa merupakan pengembangan dari Kamfa. Pada king kamfa jenong / kok nya jauh lebih besar dan mutiaranya lebih banyak.
King Kamfa



3. Faders / Golden Base
Golden Base / Faders Louhan
Dinamai faders ini karena jenis louhan ini pada suatu fase akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya  berwarna hitam gelap. Kemudian warna hitam itu memudar dan akhirnya berubah menjadi kuning atau merah. Terkadang orang menyebut hal ini sebagai "mutasi". Sifat Faders atau mutasi ini diperkirakan berasal dari genetik yang turun dari Red Devil Cichlid atau Midas Cichlid.
Red Devil Ciclid

4. Golden Monkey / Kamalau

Golden Monkey / Kamalau
Golden Monkey atau Kamalau ( kam = gold and malau = monkey ).Golden Monkey /Good Fortune/ Kamalau ini dibiakan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh, Malaysia. Setelah 3 generasi Golden Monkey ini mulai di perkenalkan dan di jual pada 2001.
Salah satu ciri dari kamalau ini adalah bentuk mulutnya yang seperti monyet
Gambar bentuk mulut Kamalau
Jenis ini juga memiliki tubuh "berotot"
Gambar tubuh kemalau

5. Red Texas Louhan

Red Texas
Photo :   http://www.ciclidos-mexico.com/
Red texas ini konon merupakan hasil persilangan antara betina kingkong Parrots dengan Green Texas Cichlid Jantan. Seperti juga pada jenis Golden Base, mutasi atau fader menjadi faktor penentu dari kualitas jenis ini.
"Tingkatan" dari Red Texas
  1. Tidak Mutasi : Tingkatan Terendah.
  2. Kuning: Tingkatan Kedua terendah
  3. Oranye : kebanyakan Red Texas jatuh di kategori ini
  4. Coral: Lebih ke merah muda
  5. Merah:  Tingkatan tertinggi dan paling banyak di minati

 

6. Thai Silk Louhan

 Thai Silk Louhan 
Photo : www.australianflowerhorn.com
Thai Silk louhan ini memiliki "mutiara" / pearl yang menutupi seluruh tubuhnya. Makin penuh tubuhnya dengan mutiara makin tinggi nilai thaisilk ini.



Gambar  Strain louhan Lainnya

Super Red Shock (SRS) / Red Monkey

Red Shock / Super Red Shock (SRS)

King Kamfa Louhan / KKF

Super Red King Kamfa

Anakan King Kamfa

Kamfamalau

Merupakan hasil perkawinan dari Kamalau / Golden Monkey dengan Kamfa
Kamfamalau

Red Dragon / Super Red Dragon ( SRD )

Super Red Dragon Louhan / SRD

Red Magma / Super Red Magma ( SRM )

Red Magma / Super Red Magma (SRM)

King Viper

Tiger King


Tiger King Louhan


Kirin / Bonsay 

Kirin/Bonsay Louhan

Nah, demikian tadi jenis ikan hias louhan pembawa hoki, temukan jenis ikan hias pembawa hoki lainnya hanya di Ikan Hoki. Bagi anda yang tertarik dengan ikan louhan ingin memelihara dan memilikinya bisa kunjungi Sponsor Kami atau bisa cek stock kami di IKAN HIAS DI JUAL ( kami menyediakan berbagai macam jenis ikan hias segala ukuran. Siap Kirim ke seluruh tanah air baik via darat, udara maupun laut.


Baca Juga :
Cara Packing Pengiriman Ikan Koi

Cara Kirim Berbagaimacam Jenis Ikan Hias




Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Flowerhorn_cichlid
http://flowerhornfishcraze.blogspot.com/2009/12/what-is-difference-between-kamfa-and-zz.html
https://m.facebook.com/notes/flowerhorn-insight/difference-between-flowerhorn-strains-in-detail/587047788026508/
http://ikanhias-id.blogspot.co.id/2014/08/jenis-jenis-louhan.html

Jenis-Jenis Ikan Louhan alias Flowerhorn Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Ngeblogger